PERANAN ILMU PSIKOLOGI DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT




PERANAN ILMU PSIKOLOGI DALAM HUBUNGAN MASYARAKAT

Oleh
Rizal Saeful Azhar

Manusia merupakan makluk yang sangat unik dibandingkan dengan mahluk yang lainnya. Manusia memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dari keberagaman inilah muncul Ilmu Psikologi yang mencoba mempelajari manusia lebih jauh lagi, melihat bagaimana manusia bersikap dan berperilaku. Psikologi sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia karena objek kajiannya adalah manusia itu sendiri. Oleh karena itu, dasar-dasar dari ilmu ini sangat penting untuk kita ketahui juga kita pahami karena akan sangat membantu dalam melakukan interaksi dengan orang lain juga dapat melatih kepekaan terhadap kondisi sosial disekitar kita.
Kita ketahui bahwa banyak ilmu pengetahuan yang saling berkaitan antara ilmu satu dengan ilmu yang lainnya. Termasuk juga Ilmu Psikologi yang memiliki peranan juga hubungan dengan ilmu yang lain, misalnya dengan Ilmu Komunikasi. Ilmu Psikologi banyak memberikan sumbangan pemikiran baik itu teori maupun hal-hal yang telah dikaji melalui penelitian terhadap Ilmu Komunikasi, misalnya konsep komunikasi intrapersonal dan intrapersonal yang dikaji menggunakan pendekatan teori psikologi.
Ilmu komunikasi pun jika dikaji lebih mendalam memiliki cangkupan yang luas sehingga dalam pembahasan ini kita akan menitik beratkan bagaimana peran Ilmu Psikologi terhadap Ilmu Komunikasi khususnya Ilmu Komunikasi konsentrasi Hubungan Masyarakat. Orang yang memperlajari ilmu komunikasi tidak hanya cukup mempelajari apa-apa saja yang ada didalam ilmu komunikasi itu sendiri, tetapi tentunya harus ada ilmu tambahan yang bisa menunjang terhadap ke efektifan dari pengaplikasian ilmu tersebut. Psikologi tentunya bisa menjawab itu semua, meskipun masih ada ilmu yang lainnya seperti Sosiologi atau bahkan melalui pendekatan Ilmu Antropologi.
Dalam kaitannya dengan hubungan masyarakat atau lebih spesifiknya PR (Public Relations), Psikologi memberikan peranan penting diantaranya: Pertama, dengan ilmu psikologi komunikasi khususnya dalam PR akan lebih efektif. Karena selain mengetahui bagaimana komunikasi yang baik juga dibantu dengan bagaimana kita bisa memahami orang lain dengan gejala-gejala yang terlihat lewat perilaku, bahasa tubuh, gaya bicara, serta tanda-tanda lain ketika kita berkomunikasi dengan orang lain sehingga kita bisa mengambil langkah yang efektif dalam berkomunikasi. Kedua, dengan bantuan psikologi kita bisa melihat dan mengetahui bagaimana kepribadian seseorang sehingga ketika melakukan komunikasi kita bisa menempatkan diri bagaimana harus bersikap dengan seseorang yang berbeda-beda karakter.
Share on Google Plus

About Me intan dalam sejarah

Nama saya Rizal Saeful Azhar tinggal di Kp. Sukamenak RT 04/03, Desa Margamukti, Kec. Pangalengan Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat, 40378. Status saya saat ini sebagai Mahasiswa STKIP Persatuan Islam Bandung Jurusan Pendidikan Sejarah. Rekan-rekan bisa menghubungi saya lewat No. Ponsel 083151919236, Email rizalazhar8@gmail.com, PIN BB 5ACOED57.

1 komentar: